7 Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham Yang Akan Membuat Anda Jadi Kaya Seumur Hidup

Apa Saja 7 Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham yang Perlu Diketahui oleh Calon Investor atau Trader Saham?


Orang banyak mendengar mengenai kata saham, dalam satu hari mereka bisa mendengar puluhan kali tapi tidak mengerti apa itu saham, kali ini kita akan membahas mengenai saham dan lebih lanjut membahas 7 Perbedaan Trading Saham danInvestasi Saham yang akan membuat kita kaya seumur hidup.

Jadi jika banyak orang yang masih belum memiliki defenisi saham yang tepat, bagaimana bisa orang tersebut menjadi trader atau investor saham?

Saham adalah surat sakti atas kepemilikan atas suatu perusahaan terbuka yang dapat diperjual belikan di bursa saham Indonesia untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari tabungan, atau deposito di Bank serta dapat dijadikan Investasi atau Komoditas dagang dimana resiko yang dapat timbul atas kepemilikan saham adalah berkurangnya nilai uang yang diinvestasikan atau dibelanjakan untuk suatu saham tersebut saja.

Dari defenisi saham diatas, sangat jelas bahwa anda:
  • Kaya raya dari jual beli atau investasi saham
  • Pemilik atas sebuah perusahaan terbuka
  • Resiko investasi anda adalah sebesar yang anda belanjakan untuk satu saham tidak seluruh uang anda yang ada dalam rekening saham
  • Saham anda dapat dijual dan beli kapanpun dalam waktu kerja bursa efek Indonesia

Orang bisa saja punya banyak tanah, rumah, mobil sebagai investasi atau untuk diperjual belikan tapi tidak semudah jika seseorang memiliki kekayaan dalam bentuk Saham.

Jika anda telah memiliki defenisi yang tepat tentang saham, maka kita sudah bisa beranjak pada pembahasan kita mengenai 7 Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham yang akan membuat anda kaya seumur hidup.

Seseorang yang akan terjun dalam dunia saham sering bingung mengenai istilah Investor dan Trader, manakah yang akan memberikan keuntungan besar dan mana lebih baik, untuk itu saya tertarik membuat sebuah artikel  7 Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham dan mana yang lebih baik?

Pastikan anda membaca seluruh isi materi, jangan hanya headline saja, karena ada penekanan khusu dalam tiap sub topic yang tentunya saying jika dilewatkan.

Apa saja yang termasuk dalam 7 Perbedaan trading saham dan investasi saham
  1. Defenisi
  2. Tujuan
  3. Jangka Waktu
  4. Metode Analisis
  5. Monitoring
  6. Alat
  7. Strategi


7 Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham Yang Akan Membuat Anda Jadi Kaya Seumur Hidup, defenisi saham,

1. Defenisi: Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham.
Trader Saham adalah seseorang yang melakukan jual beli saham dalam jangka pendek, seperti harian atau maksimal bulanan untuk mendapatkan keuntungan. Trader selalu memanfaatkan fluktuasi harga untuk mendapatkan keuntungan.

Investor Saham adalah seseorang yang melakukan jual beli saham dalam jangka panjang untuk mendapatkan keuntungan dan lebih menekankan pada pertumbuhan laba dan value perusahaan serta dividen. Seorang Investor saham tidak terpengaruh oleh fluktuasi harga saham. Seorang Investor saham membeli ketika harganya murah.

2. Tujuan: Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham
Investor saham adalah orang yang tidak pusing memikirkan naik turunya harga saham, dia focus pada pembagian dividen tiap tahun, kenaikan harga dan melipatgandakan keuntungan dalam waktu lama.

Trader saham adalah orang yang ingin menjadikan saham sebagai profesi dan bisnis utama. Trader saham memilki tujuan akumulasi profit. Walau demikian trading saham juga dapat dilakukan saat free time dan dijadikan sideline job

3. Jangka Waktu dan periode: Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham
Seorang investor saham mengambil profit dalam waktu jangka panjang, Periode waktunya adalah tahun atau setidaknya 6 bulan. Sedangkan, trader saham mengambil keuntungan dalam waktu dekat dari setiap pergerakan harga saham, periode waktu harian, mingguan, dan bulan

4. Metode Analisis: Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham
Seorang trader menggunakan pendekatan analisa teknikal sebagai dasar acuan untuk membeli dan menjual saham

Seorang investor menggunakan anaslisa fundamental sebagai acuan membeli dan mengkoleksi saham, sepertli laporan keungan, PER, PBV dan lainnya, tunggu judul mengenai fundamental analisis yang akan dirilis segera.

5. Monitoring: Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham
Seorang investor saham melakukan monitor portfolio sahamnya agak lebih jarang, berbdeda dengan trader saham yang selalu memonitor pergerakan harga sahamnya.

Jika seseorang membeli saham, dan sering khawatir bahwa nilai akan jatuh dan rugi. Maka, orang  ini cocok menjadi investor saham. Resiko dari investasi saham lebih kecil bila dibandingkan dengan trading saham, namun, keuntungannya besar.

6. Alat: Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham
Seorang investor saham menggunakan neraca dan laporan keuangan dalam membuat keputusan membeli suatu saham. Sedangkan trader menggunakan data grafik harga real time.

7. Strategi: Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham
Harga Saham dipengaruhi oleh banyak factor, maka ketika seorang investor membeli saham dia dapat melakukan average down atau leverage, sedangkan seorang trader melakukan cut loss ketika harga sedang turun.

Average down atau leverage adalah tindakan menambah kepemilikan jumlah saham ketika harga saham sedang turun atau terkoreksi.

Hal utama yang menjadikan investasi saham dan trading saham sangat berbeda ialah strategi-nya. Lalu strategi manakah yang harus saya ambil? Apakah menjadi seorang investor ataukah trader?

Semua tergantung pilihan Anda. Jika Anda ingin memiliki keuntungan yang besar, akan tetapi tidak ingin terlalu pusing ataupun sibuk untuk mengurus saham Anda, maka Anda bisa memilih untuk menjadi investor. Sedangkan jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu cepat, Anda bisa menjadi seorang trader

Komentar