7 Langkah Dasar Membuat Trading Plan Saham yang Benar Ala Profesional Trader

7 Langkah Mudah Membuat Trading Plan Saham yang Benar Ala Profesional Trader Dunia


Apalah jadinya  seorang investor ataun trader saham jika dia tidak mampu Membuat Trading Plan Saham yang Benar. Ada sebuah slogan yang menyatakan jangan bermain saham, tapi jadilah seorang pebisnis saham. Menurut saya baik pemain saham ataupun pebisnis saham harus memiliki trading plan terlebih harus mampu Membuat Trading Plan Saham yang Benar.

7 Langkah Dasar Membuat Trading Plan Saham yang Benar Ala Profesional Trader ini, akan menjamin para pelaku saham menjadi sukses, sehingga apapun istilah yang ia gunakan baik jadi pemain saham atau pebisnis saham tetap hasilnya sama, yaitu Cuan atau Untung.

Kata orang orang kebanyakan kalau pebisnis saham adalah orang yang sudah mengerti analisa teknikal saham, sedangkan pemain saham adalah orang ibarat seorang penjudi yang masuk ke dunia saham dengan pengetahuan ala kadarnya bahkan sangat minim sehingga dia adalah orang yang merugi. Tetapi seorang investor hebat katakana apalah pengetahuna analisa yang benar dan mupuni tanpa keberanian untuk bertindak. Jadi Siapapun anda, baik pelaku dan pebisnis saham harus berani mengambil tindakan.
Seorang yang katanya pebisnis saham tidak akan pernah mengeahui bahwa pengetahuannya atau strateginya akan berhasil tanpa action.

Seorang yang namanya pemain saham akan berhasil apabila dia berani bertindak dan Membuat Trading Plan Saham yang Benar.

Tahap manakah anda saat ini? Saya masuk ke dunia saham dengan level pemain saham, bahkan sampai saat ini, walau saya sudah mengikuti pelatihan saham, saya menyebut diri saya tetap sebagai pemain saham karena saham tidak bisa dimengerti hanya satu kali, saham digerakkan oleh para pelaku saham dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda dan sifat yang berbeda-beda: ada yang sabar, ada yang buru-buru, ada yang rakus ada yang merasa cepat cukup. Jadi kalau saat ini saya berhasil, besok saya harus belajar lagi sebelum membuat keputusan membeli suatu saham, disinilah letak inti dari Membuat Trading Plan Saham yang Benar, Agar setiap hari adalah CUAN atau UNTUNG.

7 Langkah Dasar Membuat Trading Plan Saham yang Benar Ala Profesional Trader, Membuat Trading Plan Saham yang Benar,

Mari kita masuk pada 7 Langkah Dasar Membuat Trading Plan Saham yang Benar Ala Profesional Trader

Membuat Trading Plan Saham  1: DISIPLIN
Saya harus menekankan bahwa kesuksesan dalam memperoleh cuan dari saham adalah disiplin, displin dalam membuat Membuat Trading Plan Saham yang Benar, trading plan harus dibuat secara objektif bukan subjektif, atau atas dasar kesukaan terhadap saham tertentu.

Dengan Membuat Trading Plan Saham yang Benar, anda telah bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri jika hasil trading anda tidak seperti yang diharapkan, dan bisa segera mengambil langkah yang terbaik pada account trading tanpa ragu dan panik jika arah pergerakan harga pasar berlawanan dengan prediksi anda.

Membuat Trading Plan Saham 2: Do Not Put All Eggs in One Basket: Membeli Saham Dari 2-3 Sektor Atau 2-3 Saham Saja.
Bagi siapa saja yang bergelut dalam dunia saham, harus menerapkan dua hal penting yaitu money management dan psychology trading. Prinsip penting dalam kedua hal ini adalah do not put all eggs in one basket. Artinya kita tidak dianjurkan untuk menghabiskan seluruh modal kita hanya dalam satu saham, satu posisi dan satu waktu saja, tapi dalam beberapa saham dan sector, agar jika terjadi resiko penurunan harga, anda tidak akan mengalami kerugian yang besar.

Namun bukan berarti kita harus menginvestasikan uang kita pada banyak saham, hal ini juga salah dalam money management saham karena kita akan lebih susah dalam melakukan pengawasan saham dan prediksi. Jangan seperti anekdot dalam gambar artikel ini. Ingat kata Bruce Lee

“Saya lebih takut pada orang yang melatih satu jurus seribu kali daripada orang yang berlatih seribu jurus”

Membuat Trading Plan Saham3: Tentukan ENTRY POINT.
Belajar teknikal analisi akan memberikan anda pengetahuan tentang entry point suatu saham. Entry point adalah harga beli anda terhadap  suatu saham, bukan hanya entry point melaikan exit point juga atau harga jual. Salah satu Ilmu teknikal analisis saham adalah pelatihan Peak and Through Analysis (PNT analysis) dari Bapak TASRUL TANAR, kepada siapa saya juga berguru teknikal analisis saham.

Pertama sekali adalah anda membuat Watchlist Saham, kemudian menentuka trend saham tersebut apakah Reversal atau Breakout, dengan melihat indikator pendukung Moving Average (MA), Stochastic RSI dan MACD. Agar tidak pusing dengan ketiga hal ini, saya anjurkan yang lebih mudah (PNT analysis) saja.

Membuat Trading Plan Saham: 4Tentukan risk / reward ratio.
Konsep Risk & Reward saham adalah posisi Stop Loss atau batas harga saham yang harus kita lepas saat kita dalam posisi merugi. Tanpa Stop Loss sama saja seperti membiarkan gawang kita tanpa penjagaan keeper. Salah satu Penting untuk kita menetapkan Stop Loss saham adalah karena menghindari kita dari bahaya Fear and Greed yang akan menjebak psikologi  semua para trader professional ataupun pemula.

Kadang banyak orang tidak takut rugi tapi takut akan untung. Artinya saham sudah turun jauh, masih berharap harga akan naik, akan tetapi harga masih akan naik, eh malah cepat-cepat  dijual.
Ketika kita takut untuk menjual saham kita yang lagi merugi, maka kita sedang membuat saham kita pasa satu istilah SAHAM NYANGKUT.

Risk and reward ratio adalah dalam bentuk persentase atau pips harga saham. Agar dapat mentukan RISK and Reward ratio anda harus dapat menentukan support dan resisten dari saham, disinilah keuntungan trader saham yang sudah ikut pelatihan (PNT analysis), mereka telah belajar kapan harus buy dan sell saham.

Membuat Trading Plan Saham 5: Tentukan Besar Saham yang akan dibeli sesuai dengan target stop loss.
Jumlah saham atau Position Size dapat berubah sesuai dengan modal dan harga saham saat ini. Resiko per trade hendaknya ditentukan terlebih dahulu sebelum menentukan stop loss level.

Ingat modal kita tidak boleh kita belanjakan seluruhnya, kita harus menyisakan modal untuk membeli saham kemudian pada harga tertentu untek memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan kerugian.

Membuat Trading Plan Saham 6:  Tentukan strategi exit atau take profit.
Membuat  Exit target saham atau harga jual harus ditentukan sebelum entry point saham dibuat.
Saya selalu menyisahkan satu tik dari resisten sebagai exit point.

Bagi para trader Hendaknya tidak menentukan exit level pada saat sudah membeli saham, karena karena emosi kita cenderung akan ikut terlibat ketika kita trading tanpa exit target. Kita akan lebih obyektif saat belum punya posisi.

Membuat Trading Plan Saham 7: Buat jurnal dan catatan untuk evaluasi.
Untuk urusan yang terakhir ini, saya menyerahkannya pada aplikasi. Dalam aplikasi dagang saham yang dibuat oleh Mirae Asset sekuritas, kita dapat melihat portpolio kita.

Kita dapat melihat setiap transaksi yang telah diclose, baik profit atau loss, sehingga kita dapat melakukan evaluasi kualitas strategi dan plan yang telah kita buat, mungkin untuk kita perbaiki pada rencana trading saham esok hari.

Apakah 7 Langkah Dasar Membuat Trading Plan Saham yang Benar Ala Profesional Trader diatas menginspirasi anda? Seilahkan bantu share ya.
 

Komentar